Ditjen PEN Manfaatkan Gelaran Sail Selat Karimata 2016

By Admin

nusakini.com-- Kementerian Perdagangan berkomitmen memperkuat ekspor  produk dari berbagai daerah di Indonesia. Melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor  Nasional (PEN), Kemendag memanfaatkan setiap momen acara wisata. Salah satunya melalui pameran produk-produk unggulan daerah pesisir. Promosi yang dihelat bersama agenda wisata tahunan “Sail Selat Karimata 2016” ini diselenggarakan pada 12-15 Oktober 2016 di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. 

“Perhelatan akbar Sail Selat Karimata 2016 diharapkan mampu menarik minat pelaku usaha mancanegara terhadap potensi produk-produk unggulan daerah pesisir Indonesia yang selama  ini belum tergali secara maksimal,” tegas Direktur Jenderal PEN Arlinda di Jakarta, kemarin. 

Arlinda meyakini kegiatan pameran di sela acara wisata yang sudah termasyhur ini akan berdampak positif pada produk-produk asal Kalimantan Barat. Ekspor produk unggulan daerah  bakal menambah devisa, termasuk yang berasal dari sektor jasa. Saat ini nilai ekspor  Kalimantan Barat ke dunia cukup besar sekitar USD 260,59 juta (periode Januari-Juli 2016). 

Produk utama ekspornya antara lain produk karet, plywood, crude palm oil (CPO), dan tembakau. Negara tujuan ekspor terbesar yaitu Jepang, Korea Selatan, dan India. 

Sail Selat Karimata 2016 merupakan rangkaian kegiatan Sail Indonesia yang telah menginjak tahun ke-8. Salah satu bentuk kegiatan promosi di dalamnya yaitu Pameran Potensi Daerah. 

“Upaya promosi ini merupakan sebuah langkah strategis dalam membangun dan mengembangkan potensi daerah di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Selat Karimata,” kata Arlinda. 

Melalui Pameran Potensi Daerah, para pelaku usaha dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang memiliki nilai tambah. Para pelaku usaha juga dapat mengembangkan  jejaring pemasaran guna mewujudkan iklim perdagangan dan investasi yang kondusif bagi  produk atau komoditas unggulan daerah dan nasional. 

Diadakannya kegiatan Sail Selat Karimata 2016 bertujuan untuk meningkatkan dan melaksanakan percepatan pembangunan daerah yang melibatkan 4 provinsi, yaitu Kalimantan  Barat, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Jambi. Acara puncak kegiatan ini akan diadakan di  Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat pada 15 Oktober 2016 dan rencananya  akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam pameran ini, Kemendag menampilkan produk tas, dompet, cushion (dari bahan tenun), jaket kulit, tas kulit, aksesori kulit, batik, busana, sandal, kayu batik, perhiasan dari mutiara, kerajinan tangan, dan olahan pangan lidah buaya. Ada delapan peserta yang berpartisipasi, yaitu Hanung Craft, Style Leather Collection, Datik Batik Collection, Rudy Natural, Sahidah  Songket, Himpunan Pelaku Usaha Kecil Menengah (HIMPU) Kota Pontianak, Mutiara Lombok, dan Asri Craft. 

“Kesempatan ini dapat menjadi peluang promosi bagi daerah dalam mengembangkan potensi daerahnya sekaligus mempromosikan produk-produk unggulan yang berorientasi ekspor,”  tandas Arlinda. (p/ab)

-